Minggu, 23 Mei 2010

Al-Qur'an Mengajari Kita Disiplin



Teman-teman, kita tentu tahu setiap hari kita membaca dan selalu menyatu dengan al-qur'an. apalagi ketika kita menghafal al-qur'an, maka ada satu hal yang merupakan keharusan yang harus kita lakukan selain MENGHAFAL. Satu hal itu adalah MURAJA'AH, mengulang bacaan yang sudah kita hafal sebelumnya.

"Jika Kita Mampu Menghafal, Maka Kita Juga Harus Kuat Muraja'ahnya", begitu pesan seorang ustadz. "Menghafal itu Mudah, Yang tidak Mudah itu bagaimana kita bisa kontinyu dalam Muroja'ah", begitu ustadz tersebut memberikan masukannya.

“Menghafal Al-Qur’an itu melatih segalanya, salah satu hal yang diajarkan kita dalam menghafal ini, adalah kita dilatih untuk selalu dispilin, menghargai waktu. Sekali kita tidak disiplin dalam muraja’ah al-qur’an, maka akan semakin tertinggal kita dalam menghafal. Kita akan sulit menghafal yang sudah dihafal, dan akan merasa berat dalam menambah hafalan. Namun ketika kita disiplin dalam Muroja’ah maka apa yang kita hafal akan kuat dan akan mudah dalam menambah hafalan baru”, begitu ustadz tersebut menambahkan.

“Al-qur’an yang kita hafalkan itu seperti unta yang diikat, ketika kita kuat muraja’ahnya maka unta itu kita tali dengan erat, namun ketika kita tidak kontinyu dalam muroja’ah, maka sedikit- demi sedikit, tali unta tersebut akan terlepas, dan hafalan qur’an ini sangat cepat lepasnya dari pada unta tersebut”, ustadz tersebut menambahkan lagi.

Begitulah alqur’an mengajarkan kita untuk selalu dispilin dan kontinyu dalam melakukan kebaikan, sekali kita lemah dan malas, maka kita akan tertinggal, dan semakin banyak beban yang akan kita tanggung.

Semoga kita bisa melawan kemalasan dan kelemahan dalam diri kita dan merubahnya menjadi SEMANGAT, DISIPLIN dan PANTANG MENYERAH. Selalu ada cobaan dalam melakukan kebaikan. Dan setiap cobaan pasti akan ada hikmah dan balasannya. Wallahu A’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Listening Detik-Detik Inggris SMA UN 2019 Intan Pariwara Try Out 4

Download Listening Detik-Detik Inggris SMA UN 2019 Intan Pariwara Try Out 4 Berikut adalah Listening Detik-Detik Inggris SMA UN 2019 Intan...